Senin, 03 Desember 2012

Madu dan Fungsinya


Madu adalah salah satu bahan/makanan yang mengandung aneka zat gizi yang berguna bagi tubuh. Kandungan di dalam madu diantaranya karbohidrat , protein , asam amino, vitamin, mineral, dekstrin , pigmen tumbuhan dan komponen Aromatik.

Hasil penelitian ahli Gizi dan Pangan menemukan bahwa madu mengandung karbohidrat yang paling tinggi diantara produk ternak lainnya susu, telur , daging, keju dan mentega sekitar (82,3% lebih tinggi). Setiap 100 gram madu murni bernilai 294 kalori atau perbandingan 1000 gram madu murni setara dengan 50 butir telur ayam atau 5,675 liter susu atau 1680 gram daging. Dari hasil penelitian terbaru ternyata zat-zat atau senyawa yang ada didalam madu sangat komplek yaitu mencapai 181 jenis .

Peter C Molan (1992) ,Peneliti dari Departement of Biological Sciences, University of Waikoto ,Selandia Baru. Berpendapat bahwa Madu terbukti mengandung zat antibiotik yang aktif melawan serangan berbagai kuman patogen penyebab penyakit.
Disamping kandungan gula dalam madu yang tinggi (fruktosa 41,0 %; glukosa 35 %; sukrosa 1,9 %), madu juga mengandung komponen lain seperti tepung sari dan berbagai enzim pencernaan. Disamping itu madu juga mengandung berbagai vitamin seperti : vitamin A, B1, B2, mineral seperti kalsium, natrium, kalium, magnesium, besi, juga garam iodine bahkan radium.

Selain itu madu juga mengandung antibiotik dan berbagai asam organic seperti asam malat, tartarat, sitrat, laklat, dan oksalat. Karena itu madu sangat tinggi sekali khasiatnya
Selain itu, ada beberapa manfaat dari madu, diantaranya :
1.      Jerawat
Oleskan 3 sendok makan madu dan 1 sendok teh bubuk kayu manis pada wajah sebelum tidur. Basuh keesokan harinya dengan air hangat. Bila dilakukan rutin setiap hari selama 2 minggu, akan menyembuhkan jerawat sampai ke akar-akarnya.
2.     Infeksi kulit
       Ambil 1 bagian madu dan 1 bagian bubuk kayu manis, oleskan pada bagian kulit yang sakit.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar